Air Conditioning

Taukah kamu tentang istilah Serendipity? Yaitu sebuah fenomena atau keadaan tak sengaja, tanpa diduga, tanpa diharapkan, sekonyong-konyong menemukan sebuah penemuan ilmiah.

Dalam sejarah keilmiahan, serendipity adalah hal yang biasa. Misalnya penemuan hukum gravitasi oleh Newton, penemuan hukum Archimedes oleh Archimedes, Penemuan benua Amerika oleh Colombus, penemuan teflon oleh Roy Plunkett, penemuan Penicilin oleh Alexander Fleming, dll. Termasuk Air Conditioning.

Adalah Willis Haviland Carrier, seorang insinyur pemanas ruangan di Buffalo Forge, pada tahun 1902, yang juga tak sengaja menemukan mesin pendingin udara.

Gara-garanya, dia mendapat tugas dari perusahaan percetakan yang kebingungan karena kertas yang mereka cetak menyusut dan mengembang tergantung tingkat kelembaban. Hal ini menjadikan mereka susah untuk mengkalibrasi warna kertas.

Sistem yang awal-awal dirancang oleh Carrier adalah mensin pengontrol kelembaban. Caranya, udara dipaksa melewati filter kompresor yang digerakkan oleh piston, dipompa di atas koil yang didinginkan menggunakan pendingin.

Udara dingin tersebut kemudian ditiupkan ke ruang tertutup menggunakan kipas angin, membikin ruangan sejuk dan menstabilkan kelembaban.

Penemuan ini akhirnya 'meledak'. Hotel-hotel, supermarket, bioskop, teater, dan rumah-rumah orang berduit beramai-ramai memasang mesin yang diciptakan pria lulusan Cornell University ini.

     



Viral