Listrik di Pesawat
Jika ada yang tanya, bagaimana kelistrikan pesawat?
Listrik itu ada dua: statis dan dinamis. Dan keduanya ada dipesawat.
Listrik statis ada di pesawat karena gesekan pesawat dengan udara atau awan. Listrik ini bergerak bebas dan tidak bisa diatur. Listrik ini di pesawat seringkali dibuang dengan memasang static discharge dan grounding, atau minimal dicegah agar tidak masuk ke dalam komponen vital pesawat, dengan cara membuat sangkar Faraday pakai bonding.
Listrik statis dibuang karena selain tidak digunakan, listrik statis jg bisa merusak komponen pesawat, plus menyebabkan interferensi sinyal radio, sehingga menyebabkan suara radio yang diterima "kemrosok".
"Aku telah memperingatkan kamu dengan petir," (Q.S. Fushshilat : 13)
Makanya semua pesawat pasti memiliki sistem bonding dan grounding untuk mencegah dan membuang listrik statis di pesawat.
Untuk listrik dinamis, yang dipakai adalah listrik DC 28 VDC dan listrik AC 115/200 VAC, 3 Fasa, 400Hz. Inilah listrik yang bermanfaat buat pesawat dan diatur penggunanya sehingga pesawat bisa terbang mengudara menjelajah pulau² dan benua. Salam.